Beberapa Fitur Keselamatan Motor, Penting Untuk Anda Ketahui

Membahas mnegenai dunia otomotif tentunya tidak akan pernah ada habisnya sebab tema bahasan yang satu ini cukup penting untuk anda perhatikan loh. Salah satunya adalah dengan teliti memperhatikan setiap jengkal alat yang ada di motor kesayangan anda. Siapa yang tahu nih jika ada berbagai macam loh fitur keselamatan motor yang cukup penting untuk dibahas keberadaannya.

Pola perkembangan teknologi saat ini membuat semua perusahaan otomotif memberikan sesuatu yang bermanfaat dan membantu anda sebagai pengguna sepeda motor. Salah satunya adalah dengan adanya inovasi baru dari fitur-fitur yang ada di kendaraan motor untuk menunjang kenyamnanan dan keselamatan anda saat berkendara.

Oleh karena itu pada pembahasan kali ini akan dijelaskan terkait dengan fitur keselamata motor untuk anda perlu ketahui yakni sebagai berikut penjelasannya di bawah ini.

Fitur Parking Brake Lock

Pertama ini adalah fitur keselamatan motor parking brake lock yang mana fitur ini mempunyai fungsi yang sama loh dengan rem parkir pada umumnya yakni mengunci posisi motorĀ  saat akan berhenti di tanjakan atau turunan di keadaan mesin motor mati ataupun menyala. Proses kerja dari fitur ini sendiri adalah dengan anda menarik tuas rem belakang di motor lalu kemudian menarik tuas tersebut di depan tuas rem tersebut.

Dengan proses tersebut apabila anda lakukan maka secara otomatis rem belakang motor.
Anda akan terkunci dan anda tidak perlu untuk merasa khawatir saat akan berkendara dan terjadinya macet di medan-medan yang cukup ekstrem berupan jalan menanjak atau turunan.

Fitur Side Stand Switch

Selanjutnya nih untuk fitur keselamatan motor adalah side stand switch.
Yang mana proses kerja dari fitur ini adalah memutuskan kepada sistem yang mengoperaikan pengapian.
Saat standar di motor akan anda turunkan.
Hal ini berguna untuk mengantisipasi akan adanya kecelakaan yang biasa terjadi saat pengendara lupa untuk menaikkan standar samping motor.

Hal lain yang perlu anda ketahui adalah saat standar samping di naikkan.
Maka ECM akan kembali mengalirkan arus listrik ke dalam sistem pengapian.
Sehingga mesin motor anda dapat meyala dan bisa anda gunakan nih.

Fitur Secure Key Shutter

Terakhir nih untuk fitur keselamatan motor adalah secure ke shutter yang mana fitur satu ini mempunyai kontak kunci motor.
Yang di lengkapi dengan penutup magnet dan juga tuas penutup manual.
Nah keberadaan penutup magnet ini hanya dapat anda buka dengan anak kunci yang terpasang di kunci master..

Pada awalnya nih fitur yang satu ini hanya dapat anda operasikan secara manual yakni dengan menggunakan anak kunci.
Namun pada saat ini anda bisa loh menutup lubang kunci tersebut.
Dengan cara menggerakkan tuas yang terdapat dari secure key shutter yang mana anda perlu untuk tetap menempelkan anak kunci pada key shutter tersebut.

Itulah beberapa pembahasan di atas terkait dengan fitur keselamatan yang terdapat di sepeda motor anda.
Adapun tiga di antara fitur tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda sebagai penunjang keselamatan anda ketika akan berkendara.
Bagi anda yang masih awam dengan beberapa fitur di atas ini bisa mencarinya lebih mendalam untuk menambah pengetahuan di dunia otomotif.

Demikian nih pembahasan artikel ini terkait dengan fitur keselamatan motor yang dapat anda lakukan dan pahami dengan baik. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Alasan Motor Anda Boros Bensin

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*